Mobil corolla DX ini memang tergolong mobil tua dengan 4 pintu , tetapi mobil ini sangat di gemari oleh kalangan anak muda , walapun tergolong mobil tua toyota corolla ini memiliki eksterior yang kotak tetapi sedikit lekukan .

Beberapa tahun yang lalu mobil ini tidak dilirik orang, namun sekarang kebalikannya. Tren mobil retro yang lagi hangat2nya membuat konsumen berburu tunggangan yang berjaya di masanya salah satunya adalah Toyota Corolla DX rancangan Fumio Agetsuma. Corolla generasi keempat (kode E70) ini banyak variannya ada yang 2 pintu, 4 pintu, station wagon hingga coupe.

toyota corolla DX adalah generasi ke empat dari keluarga corolla dan merupakan seri terakhir untuk keluarga corolla dengan pengerak roda belakang (RWD) meski mobil ini memiliki banyak varian di seluruh dunia , indonesia sendiri resminnya yang beredar adalah seri KE70 dengan memiliki 4 pintu dan memiliki mesin 4K 1300CC. ada beberapa jenis atau model corolla DX yang beredar di indonesia berikut jenis toyota corolla DX

  • Corolla DX 1980

toyota corolla ini pertama kali di rilis memiliki ciri khas dari 4 buah lampu bulat pada bagian depan dan menggunakan bemper besi / stainless yang memiliki penutup karet pada masing masing ujungnnya. dan bagian dashboardnya berwarna coklat dan tidak memiliki petunjuk RPM Sementara spion yang menempel adalah jenis spion fender atau spion tanduk.

  • Corolla DX 1981

Dari segi produksi tahun 1981, perubahan hanya terjadi pada bagian grill dan lampu depan yang berubah menjadi 2 buah lampu persegi. Lalu spion berpindah posisi menjadi spion pintu. Selain itu, tidak ada perubahan apapun.

  • Corolla DX 1982 dan 1983

desain Corolla DX mengalami perubahan yang cukup drastis. Lampu depan yang semula persegi terlihat menjadi lebih memanjang. Lalu lampu sein depan menjadi lebih lebar dan menyudut masuk ke bagian dalam. Pada bagian bempernnya masih menggunakan stainless dengan karet pada bagian ujungnya. Pada bagian interior menjadi lebih eksklusif dan dashboard bernuansa coklat yang lebih tua. Tambahan yang cukup drastis juga pada dashboard pengemudi yang sudah menampilkan petunjuk RPM mesin. Model ini terus bertahan hingga beberapa waktu produksi tahun 1983.

  • Corolla DX 1983+

Seri ini merupakan seri terakhir Corolla DX yang diproduksi di Indonesia. Perbedaan yang terlihat dari desain model sebelumnya adalah pada bumper yang berubah menjadi bumber karet yang terlihat lebih mancung. Selain itu, pada model ini sudah disediakan tuas untuk membuka tutup bensin dari dalam.

Desain seluruh eksterior  varian corolla DX membawa desain kotak di setiap bagian ,  di bagian deapnnya dibekali dengan fascia yang juga mengkotak , terutama pada headlamp, grill bumper , berikut adalah contoh di eksterior corolal GL dengan ciri kahsnnya yaitu grill horizontal berwarna hitam yang disisipkan sebuah logo toyota jadul di bagian tengah.

Walaupun telah berusia 30 tahun lebih, mobil yang satu ini masih sangat banyak peminatnya . Peminatnya nya pun tidak hanya dari kalangan orang tua yang ingin bernostalgia, tapi juga datang dari kalangan anak muda yang menginginkan mobil yang simple dan pastinnya keren. Karenanya tak heran kalau harganya bisa sangat mahal dan bahkan bisa menyamai harga sedan tahun 90an jika kondisinya benar benar original. Dan itulah sedikit ulasan tetang mobil toyota corolla yang klasik dan elegan .