Mobil bekas? Pasti diantara kalian ada yang memiliki pikiran bahwa mobil second akan memiliki kualitas yang buruk. Namun sebenarnya walaupun hanya berupa mobil second, apabila kalian bisa teliti ketika memilihnya, maka kalian bisa mendapatkan sebuah mobil yang berkualitas bagus, baik dari segi mesin ataupun bodinya. Namun setelah kami lihat, banyak orang yang tidak teliti ketika akan memilih mobil second. Sehingga yang didapat hanya berupa mobil yang kualitasnya pas-pasan atau bahkan ada yang berkualitas buruk dan menyebabkan kalian harus membawanya ke bengkel untuk memperbaiki keadaan. Bagi kalian yang sekarang sedang berniat untuk membeli sebuah mobil second dengan kualitas bagus, bisa menerapkan sejumlah tips yang telah kami tuliskan di bawah ini.

Pertama, kalian harus memperhatikan tempat untuk membeli mobil second. Seperti yang kalian lihat bahwa sekarang yang menjual mobil second sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Meskipun jumlahnya banyak, hal tersebut tidak membuat kalian menjadi mudah dalam memperoleh mobil second yang berkualitas. Pasalnya sekarang telah banyak penjual yang tidak memperhatikan keadaan dari mobil yang dijualnya. Jika ingin langsung mendapatkan mobil dengan kualitas bagus dan tanpa harus pusing mencari kesana kemari dengan banyak pilihan, kalian bisa membelinya di showroom. Tetapi perlu kalian ketahui bahwa membeli di showroom tentu akan membuat kantong kalian terkuras lebih banyak. Sehingga untuk menekan biaya pengeluaran, ada baiknya kalian membeli langsung dari tangan pertama.

Ada baiknya kalian memperbanyak rekan, kemudian bertanya kepada mereka, apakah ada yang menjual mobil bekas atau tidak. membeli mobil second langsung dari teman kalian sendiri tentu akan lebih aman karena apabila terjadi kerusakan bisa langsung membicarakan hal tersebut bersama. Kemudian untuk tips kedua, perhatikan eksterior mobilnya. Jika kalian telah berhasil mendapatkan tempat penjualan mobil, coba lihat eksteriornya. Perhatikan dengan baik apakah pada bodinya terdapat kerusakan berupa goresan atau penyok akibat tertabrak. Perhatikan juga pada bagian kacanya, apakah ada yang pecah atau retak. Kemudian pada lampunya, apakah bisa menyala baik atau sudah redup, atau bahkan sudah tak menyala sama sekali. kemudian lihat bagian kolong mobil, apakah sudah ada yang keropos dan karatan atau belum.

Tips ketiga, lihat performa mesinnya. Cara mengeceknya, kalian hanya perlu menghidupkan mesinnya dan dengarkan dengan baik bunyi dari mesinnya. Mesin mobil bekas yang masih baik pasti akan terdengar sangat halus. Kemudian mesin yang baik juga akan mudah untuk di starter. Bahkan jika perlu, kalian harus melakukan tes drive agar lebih yakin. Rasakan dengan baik ketika mobil sedang berjalan. Jika terasa berat, kemudian cenderung belok kanan ataupun kiri, maka kalian harus berpikir 2 kali untuk membelinya. Untuk melakukan proses tes drive ada baiknya kalian melakukan bersama si penjual dengan tujuan si penjual juga bisa mengetahui bagaimana kondisi mobilnya.

Tips keempat lihat aksesoris dan interiornya. Ada sejumlah aksesoris serta interior yang harus kalian cermati seperti AC, dashboard, karpet dan kualitas jok beserta langit-langitnya. Untuk kacanya juga tidak boleh ketinggalan dicek. Coba naik turunkan kaca, kemudian buka tutup pintunya, mengecek wiper. Mengecek lampu sein, radio dan lain sebagainya. Dan untuk tips membeli mobil bekas yang terakhir, ceklah kelengkapan surat-suratnya. Pastikan kalian mendapat STNK dan BPKB asli. Pasalnya sekarang sudah ada banyak sekali surat-surat berharga yang dipalsukan supaya mobil curian bisa laku dengan harga yang tinggi.