55.jpg

Berkendara di jalan tol memang membutuhkan perhatian yang lebih, hal ini karena jalan tol adalah jalan benas hambatan yang tentunya miliki aturan dan kondisi jalan yang sedikit berbeda dengan jalan biasanya.

Mengemudi dijalan tol memang biasanya melaju dengan cepat, namun kecepatannya masih harus disesuaikan dengan aturan batas kecepatan yang berlaku. Nah, untuk para pengemudi yang baru bisa mengendara mobil atau terbiasa mengemudi lambat hal ini juga tidak baik untuk dilakukan di jalan tol.

Dikutip dari Tribunnews.com, Sandi Susandi, Founder Imperium Driving school menjelaskan kondisi ini akan membuat tidak nyaman atau bahkan berakibat kecelakaan pada pengemudi pemula, yang masih ragu dalam menginjak gas.

Oleh karena itu pengemudi pemula disarankan untuk tidak melaju di jalan tol jika masih ragu dalam mengemudi cepat.

“Jalur terbaik untuk pengendara dengan kecepatan yang tidak tinggi ada di alur tengah, untuk tol dengan tiga lajur atau lebih. Posisi ini tidak akan mengganggu mobil yang cepat dan bisa memungkinkan ketika ingin bermanuver,” ujar Sandi, Sabtu (2/4/2016).

Sandi juga menerangan bahwa jalur paling kanan untuk kendaraan yang cepat atau mendahului. Lalu jalur kiri di jalan tol di khususkan untuk kendaraan berat, seperti truk, dump truck, bus, dan kendaraan besar lain yang cenderung pelan dalam melaju.