honda-fit-jazz-by-ings1.jpg

Bahan dasar pembuat stiker yang disarankan adalah vinyl atau plastik, namun masih ada pula yang menggunakan kertas.

Untuk itulah Anda harus memperhatikan dengan baik bahan pembuat stiker yang akan dipasang pada body mobil. Stiker berbahan kertas harganya memang jauh lebih murah, namun stiker ini akan sangat sulit dilepas. Hal ini pun diakui oleh Anthony Siregar pemilik sebuah toko perawatan mobil.

Meski begitu, tak berarti bahwa cutting sticker yang berbahan plastik juga akan lebih mudah dilepas. Kualitas perekat pada stiker berbahan plastik juga menentukan susah tidaknya stiker dilepas dari body mobil. Jika stiker menggunakan perekat yang jelek, maka akan lebih susah dilepas dan akan meninggalkan noda lem di bodi mobil.

Sebagai pengetesan awal apakah stiker mudah dilepas, coba cungkil ujung stiker menggunakan kuku. Jika stiker bisa terlepas sepenuhnya dengan mudah dan tanpa meninggalkan noda, maka stiker tersebut berkualitas cukup bagus. Anda bisa langsung menariknya tanpa ragu atau kahwatir.

Namun bila cukup sulit dilepas dan meninggalkan noda bekas stiker, Anda harus melakukan beberapa tahap pelepasan agar bisa mengurangi resiko merusak cat mobil Toyota kesayangan.

Bahan dan alat yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu adalah minyak tanah atau bisa juga menggunakan bensin. Kemudian, siapkan pula plastik pembungkus, kain mikrofiber, sabun cuci piring, exterior cleaner, obat poles, isopropyl alcohol (IPA), dan wax.

Pertama, oleskanlah minyak tanah atau bensin di permukaan stiker yang akan dilepas. Bensin atau minyak ini difungsikan sebagai pelunak material stiker sehingga mudah dilepas. Kemudian, tutuplah permukaan stiker yang sudah diolesi tersebut menggunakan plastik pembungkus.

“Istilah di kalangan detailer adalah dikompres, supaya minyak tanah tidak menguap,” lugas Anthony. Biarkan selama sekitar 10 menit, kemudian buka plastik pembungkus dan lepas stiker dari ujung atas. Bukalah stiker dengan arah serong yang artinya jika dimulai dari kanan atas maka tarik ke kiri bawah.

Jika masih tersisa stiker yang tak berhasil dilepas, oleskan kembali minyak tanah dan tunggu 1 menit untuk dicoba kembali. Biasanya permukaan bodi mobil bekas stiker terasa lengket karena tersisa lem. Untuk itu semprot dengan exterior cleaner

Lalu seka dengan kain mikrofiber yang sudah dicelupkan ke dalam air sabun. Jangan menekannya terlalu keras agar tak menggores permukaan mobil. Gunakan obat poles untuk menyamarkan bodi mobil yang ‘belang’ akibat pemakaian stiker yang terlalu lama.

Nah, untuk menghilangkan seluruh noda minyak, debu, dan bahan kimia yang tertinggal, Anda bisa menggunakan IPA ke panel bodi. Kemudian, seka kembali menggunakan kain mikrofiber. Gunakan wax untuk melindungi bodi mobil dari sinar matahari.