image001.png Semakin tahun, semakin banyak pengguna kendaraan bermotor di jalan raya. Hal ini juga semakin meningkatkan tingkat kecelakaan di jalan raya, terutama di kota-kota besar di seluruh dunia. Fenomena ini tidak bisa diremehkan begitu saja, apalagi masih banyak infrastruktur yang belum memadai di berbagai jalan raya di Indonesia.

Hal inilah yang kemudian membuat banyak pihak menaruh rasa simpati terhadap tingkat kecelakan yang semakin meninggi. Pihak berwajib juga selalu berusaha untuk menyerukan pentingknya mengutamakan keselamatan dan juga selalu menjaga perangkat safety yang tersedia selama perjalanan. Salah satu fitur keselamatan yang wajib ada di dalam kendaraan roda empat adalah sabuk pengaman. Safety belt atau sabuk pengaman ini menjadi fitur keselamatan yang sangat penting dan wajib digunakan setiap saat, entah untuk menempuh perjalanan panjang atau pendek. Fungsinya yang utama adalah untuk mengamankan si pengemudi dan juga penumpang dari segala macam bahaya benturan saat terjadi kecelakaan.

Manfaat dan juga pentingnya penggunaan safety belt ini sudah diserukan banyak sekali pihak. Mulai dari kepolisian, produsen kendaraan hingga komunitas yang sangat mengutamakan safety driving di Indonesia. Bahkan, setiap tahunnya diadakah riset untuk mengembangkan dan meningkatkan saftey belt sebagai alat pengaman. Hal ini pun sudah dilakukan sejak puluhan tahun lalau, pentingnya penggunaan safety belt diperlihatkan di dalam sebuah video jadul berjudul “Dynamics of a Crash”. Cuplikan dari efek benturan yang bisa terjadi dan bagaimana sabuk pengaman bisa menyelamatkan Anda ini telah dirilis oleh sebuah perusahaan insuransi di tahun 1970an. Sudah terbukti bukan bahwa sabut pengaman menjadi fitur keamanan yang paling diandalkan bahkan dari puluhan tahun lalu?